Pages

Sabtu, 18 Mei 2013

pap smeer


Deteksi Dini Kanker Leher Rahim Dengan Pemeriksaan Pap Smear Thin Prep
Kanker leher rahim adalah penyakit yang ditandai dengan kelainan siklus sel pada leher rahim,  dimana sel mampu tumbuh secara abnormal. Penyakit ini dapat di deteksi sedini mungkin dengan pemeriksaan Pap Smear secara rutin setelah menikah atau yang telah melakukan hubungan seksual.
Apa Pap Smear Itu?
Pap Smear merupakan pemeriksaan sitologi untuk melihat sel – sel leher rahim di bawah mikroskop  yang dilakukan oleh dokter ahli Patologi Anatomi. Pemeriksaan ini bermanfaat sebagai tes skrining awal untuk mendeteksi adanya kanker leher rahim. Ada 2 metode yang digunakan untuk pemeriksaan Pap Smear, yaitu metode konvensional dan metode berbasis cairan.
Bagaimana pemeriksaan Pap Smear dengan metode konvensional ?
Pada pemeriksaan ini sample di ambil dari luar serviks dan liang serviks dengan menggunakan brush (sikat berbahan halus), kemudian di buat hapusan dengan cara mengusapkan brush tersebut pada obyek glass secara merata. Hapusan yang telah di buat harus segera difiksasi dengan menggunakan alkohol 95 % supaya bentuk sel tidak berubah, kemudian di lakukan pewarnaan dengan pengecatan papanikolaou.
http://labparahita.com/web/wp-content/uploads/2012/11/ps.bmp
Pap Smear dengan menggunakan metode konvensional memiliki keterbatasan, antara lain:
  1. Sampel kurang representatif, karena sebagian sel masih tertinggal pada brush
  2. Kualitas hapusan tidak terstandarisasi, karena kualitas hapusan bervariasi tergantung pada perawat atau bidan yang melakukan pengambilan sampel
  3. Hapusan yang kurang baik dapat mengakibatkan sel leher rahim saling tumpang tindih, sehingga dapat mempengaruhi pengamatan sel – sel leher rahim di bawah mikroskop
  4. Ke tiga hal tersebut di atas dapat mempengaruhi tingkat akurasi pemeriksaan
  5. Sampel tidak dapat digunakan untuk pemeriksaan lanjutan seperti HPV Genotyping
Bagaimana pemeriksaan Pap Smear dengan metode berbasis cairan ?
Pada pemeriksaan ini cara pengambilan sampel sama seperti pada metode konvensional, namun peralatan dan cara pembuatan hapusan berbeda. Setelah digunakan untuk pengambilan sampel brush tidak langsung di usapkan pada obyek glass, namun di masukkan dalam larutan tertentu untuk menghilangkan faktor pengganggu yang dapat mempengaruhi kualitas hapusan. Pembuatan hapusan pada Pap Smear dengan metode berbasis cairan ini masih bervariasi, beberapa masih menggunakan cara manual. Sampel yang sudah terkumpul di dalam larutan tersebut di putar dengan kecepatan tinggi, kemudian diambil endapannya untuk di buat hapusan. Untuk memantapkan kualitas hapusan,  PARAHITA menggunakan ThinPrep Pap Smear.
Apa ThinPrep Pap Smear itu ?
ThinPrep Pap Smear merupakan pemeriksaan Pap Smear berbasis cairan yang mana proses pembuatan hapusan dilakukan secara otomatis oleh alat.
Keunggulan ThinPrep antara lain ;
  1. Seperti Pap Smear dengan metode berbasis cairan lainnya, sampel yang di dapat lebih representatif  karena semua sample pada brush langsung dimasukkan ke dalam larutan yang sudah disedikan.
  2. Kualitas hapusan jauh lebih baik, karena dilakukan secara otomatis oleh alat sehingga kemungkinan tumpang tindih sel sangat kecil
  3. Tingkat akurasi hasil lebih tinggi.
  4. Sampel yang sudah di periksan dapat di simpan dan di gunakan untuk pemeriksaan HPV Genotyping
Slide ThinPrep
Slide Konvensional
http://labparahita.com/web/wp-content/uploads/2012/11/PS-3.bmp
http://labparahita.com/web/wp-content/uploads/2012/11/ps-2.bmp

Apa Saja Persiapan yang harus dilakukan sebelum pemeriksaan Pap Smear ?
Persiapan yang harus dilakukan antara lain :
  • Tidak dalam masa menstruasi
  • Pemeriksaan dilakukan 2 minggu setelah menstruasi, bagi perempuan yang sudah menopause dapat melakukan pemeriksaan Pap Smear kapanpun.
  • Tidak melakukan hubungan seksual selama 2-3 hari
  • Tidak menggunakan obat – obatan yang dimasukkan kedalam vagina 2 hari sebelum pemeriksaan.
PARAHITA melayani pemeriksaan Thin Prep Pap Smear setiap hari kerja dan di cabang manapun. Untuk informasi selengkapnya silahkan hubungi customer service kami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar